Mulia dan Menang (Thine Is The Glory)

G. F. Handel, 1746 - Edmund L. Budry

Edmund L. Budry lahir di Swiss pada 30 Agustus 1854. Ia menjadi seorang hamba Tuhan yang melayani salah satu gereja di Swiss selama kurang lebih 35 tahun. Ia banyak menterjemahkan lagu-lagu kristen dari bahasa jerman, inggris dan latin ke bahasa perancis. Karya-karyanya ini kemudian dimasukan juga ke dalam buku lagu kristen swiss tahun 1885. Ia meninggal pada 12 November 1932.

Lagu ini ditulis dalam bahasa bahasa Perancis yang kemudian diterjemahkan oleh Richard B. Hoyle ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1925. Dan dipublikasikan secara umum dalam buku lagu untuk mahasiswa kristen di seluruh dunia. Richard B. Hoyle melayani di berbagai gereja di inggris selama kurang lebih 26 tahun. Ia menterjemahkan kurang lebih 30 lagu kristen berbahasa Perancis ke dalam bahasa Inggris.

Sedangkan musik dari lagu ini diambil dari karya musik oleh G. F. Handel yang berjudul "See the Conquering Hero Comes". Karyanya ini ditulis oleh Handel pada 1746. Yang mana menceritakan tentang seorang pahlawan bangsa Yahudi bernama Yudas Makabeus. Karena itu melodinya sangat cocok sekali dengan puisi yang dituliskan oleh Edmund L. Budry. Dalam lagu "Mulai dan Menang" menceritakan mengenai kemenangan Yesus atas maut dengan bangkit dari antara orang mati. Seperti yang tertulis dalam Yesaya 25:8, "Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya". Bukan hanya itu saja, ini menjadi suatu harapan baru bagi orang yang percaya kepada Kristus bahwa mereka tidak perlu lagi takut akan kematian. Kenapa? Karena Kristus sudah mengalahkan kuasa maut maka barangsiapa percaya kepada Kristus tidak lagi di bawah kuasa maut. Dan kita bisa berseru: "Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" (1 Korintus 15:55). Dan umat Tuhan dijanjikan akan memperoleh hidup kekal: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal" (Yohanes 3:16).