Why I Am a Christian

2016-01-13 06:21:58

Resensi Buku “Why I Am a Christian” (Mengapa Saya Seorang Kristen)

Judul   : Why I Am a Christian (Mengapa Saya Seorang Kristen)
Penulis   : John Stott
Penerbit  : CV. Pionir Jaya
Tahun Terbit  : 2003
Tebal Halaman : 118 halaman

Dalam hidup manusia selalu mencari alasan untuk mendasari apa yang dilakukan atau dipercayai. Tanpa alasan yang jelas, maka keyakinan seseorang akan mudah untuk digoyahkan. Begitu pula  halnya dengan keKristenan yang kita yakini dalam kehidupan kita. Apakah hal-hal yang mendasari keyakinan kita? Apakah yang membuat kita menjadi seorang kristen? Sudahkah kita pernah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut?

John Stott (seorang tokoh Kristen, dikenal sebagai  pengkhotbah, penginjil dan penulis) menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menceritakan kisah rohaninya dan memberikan alasan-alasan mengapa dirinya menjadi seorang Kristen. Buku ini juga sekaligus menanggapi argumen-argumen yang dipaparkan oleh Bertnad Russell, seorang filsuf sekaligus ahli matematika penerima hadiah nobel yang meragukan eksistensi Tuhan, dalam pidatonya yang berjudul Why I Am Not a Christian.

Melalui ketujuh babnya, John Stott memberikan alasan-alasan mengapa seseorang menjadi kristen.  Dimulai dengan bagaimana Tuhan secara aktif “mengejar” dirinya dan memberikan beberapa ilustrasi dari tokoh-tokoh kristen lain yang mengalami hal yang serupa. Kedua karena pernyataan Kristus yang merupakan kebenaran sejati. Ketiga, melalui salib Kristus yang telah membenarkan manusia di hadapan Allah. Keempat, karena kekristenan memberikan penjelasan yang terbaik tentang paradoks kemanusiaan kita. Kelima, karena Yesus Kristus  adalah kunci dari kemerdekaan yang sejati. Dan yang keenam adalah hanya Kristus yang dapat memenuhi aspirasi kemanusiaan kita, yang membawa kita pada kepenuhan dalam hidup.

Why I Am a Christian (Mengapa Saya Seorang Kristen) merupakan buku yang sangat baik bagi anda untuk lebih mengenal lagi tentang iman kekristenan. Ditulis dengan sangat sistematis  untuk membantu para pembaca memahami dan mendalami isi buku yang membantu kita merenungkan kembali kekristenan kita sebagai karunia yang telah dianugrahkan Allah kepada kita.