Melakukan Hal-hal Sulit

2016-01-13 06:21:03

Judul buku    : Melakukan Hal-hal Sulit
Penulis    : Alex & Brett Harris
Penerbit   : Momentum
Tahun Terbit   : 2013
Jumlah Halaman   : 220 halaman

Kebanyakan orang berpikir bahwa masa remaja adalah masa bersenang-senang. Sebelum mengemban tanggung jawab sebagai orang dewasa, para remaja ingin memanfaatkan waktu mereka untuk berpesta dan hidup tanpa tanggung jawab. Inilah mengapa pandangan masyarakat terhadap remaja sangat rendah. Remaja dianggap sebagai kumpulan orang yang tidak bertanggungjawab, pemalas, dan labil; dan hal ini sudah sangat dimaklumi oleh banyak orang. Kita pasti sering mendengar kalimat yang berbunyi, “wajar mereka seperti itu, namanya juga anak remaja.” Inilah bentuk budaya ekspektasi yang rendah pada remaja.


Budaya ekspektasi yang rendah ini tidak bisa dianggap remeh. Budaya ini sudah benar-benar membuat remaja-remaja di seluruh dunia dipandang dengan kacamata negatif. Tentu saja hal ini akan memberikan efek yang negatif pada remaja dan pola pikir mereka. Selain memberikan efek negatif kepada remaja itu sendiri, budaya ini juga membuat masyarakat tidak lagi mempercayakan tanggung jawab yang besar kepada remaja. Alhasil remaja tidak dapat menggunakan potensi mereka yang besar untuk melakukan sesuatu yang signifikan untuk Tuhan dan demi kebaikan sesama.


Kesadaran akan bahayanya budaya ini datang  kepada dua remaja kembar yang bernama Alex dan Brett Harris. Mereka menyadari rata-rata teman sebaya mereka hidup dengan penuh kesia-siaan dan dosa karena sudah terseret oleh budaya ekspektasi rendah ini. Sebagai remaja Kristen, mereka sangat prihatin dengan kondisi remaja dan mereka terbeban untuk melawan dan memberontak akan ekspektasi ini. Awalnya mereka membuat suatu blog dengan judul Rebelution. Kata ini adalah gabungan dari rebellion dan revolution. Blog ini adalah suatu bentuk gerakan untuk memberontak pada pemberontakan remaja dan ekspektasi rendah pada zaman ini. Berawal dari blog, gerakan anak muda ini meluas sampai ke seluruh dunia. Alex dan Brett mengajak remaja di seluruh dunia untuk bangkit, dan melalui buku Melakukan Hal-hal Sulit, mereka ingin membagikan pengalaman mereka tentang bagaimana menjadi seorang rebelutioner.


Buku ini mengajak para remaja dan pemuda untuk menyadari betapa besarnya potensi mereka lalu bangkit dari kebiasaan-kebiasaan mereka yang sia-sia dan pada akhirnya melakukan hal-hal sulit yang berkenan di mata Tuhan. Proses ini tidaklah mudah, tetapi kesulitan adalah inti dari keseluruhan buku ini. Remaja Kristen harus melewati kesulitan, rintangan, dan perjuangan agar dapat terus bertumbuh dan pada akhirnya berbuah untuk Tuhan. Semoga nama Tuhan dipermuliakan lewat perbuatan kita! Soli deo Gloria.