Latest Post

Come, Thou Almighty King

Felice de Giardini, 1716-1796

 

            Teks lagu ini ditulis oleh Felice de Giardini. Dia adalah seorang musisi Italia yang lahir di Turin, Italia pada 12 April 1716. Kemudian pindah ke London dimana dia menjadi seorang pemain biola terkenal khususnya dalam opera. Sesudah itu, dia pindah ke Moscow dan menjadi seorang conductor opera. Dia meninggal di Moscow pada 1796.

            Teks lagu “Come, Thou Almighty King” sempat dianggap sebagai salah satu puisi dari Charles Wesley. Karena dituliskan pada suatu pamflet yang disebarkan oleh John Wesley. Tapi kemudian para sarjana musik menyatakan bahwa teks-nya tidak seperti ciri khas teks dari Charles Wesley. Yang menarik, lagu ini sering digunakan pada masa Perang Revolusi di Amerika. Suatu kali para tentara Inggris datang ke suatu ibadah gereja kristen di Amerika. Mereka meminta para jemaat menyanyikan lagu “God save our Gracious King” yang adalah lagu kebangsaan mereka. Tapi para jemaat menyanyikan teks “Come, Thou Almighty King” dengan menggunakan melodi yang sama. Selain itu, ada juga yang menyatakan bahwa lagu ini dinyanyikan di London, Inggris pada 1757 dalam rangka merayakan ibadah minggu Tritunggal.

            Lagu ini harus selalu dinyanyikan dalam 4 bait. Karena lagu ini berisikan mengenai Allah Tritunggal. Jadi menghilangkan satu bait akan membuat pesan lagu ini tidak lengkap. Bait ke-4 berisikan suatu pernyataan bahwa doktrin Allah Tritunggal itu adalah suatu misteri yang harus kita percaya.

Come, Thou Almighty King

Categories: Hymn Stories

Author: Gracelia Cristanti