Latest Post

GOD IS OUR REFUGE AND OUR STRENGTH

Categories: Hymn Stories

Samuel Ward lahir pada 28 Desember 1848 di Newark, New Jersey. Ia sudah mulai bermain accordion ketika berumur 6 tahun dan saat berumur 16 tahun, ia menjadi pemain organ di salah satu Gereja di New York. Kemudian ia juga mulai membuat lagu-lagu Kristen khususnya untuk bagian melodinya.  Ia menulis melodi ‘Materna’ dalam perjalanan pulang ke rumahnya. Melodi it uterus berputar di kepalanya ketika ia mengendarai kapalnya. Tapi ia tidak pernah mendengar melodi yang dibuatnya ini dinyanyikan dengan lirik atau teks lagu karena ia meninggal pada 28 September 1903. Sedangkan melodinya mulai digunakan pada November 1904.

Lirik lagu ini ditulis berdasarkan pada Mazmur 46. Tema besarnya adalah “Perlindungan dari Allah”. Mazmur ini menyatakan bahwa Allah adalah perlindungan kita sejati. Kenapa? (1) Karena Allah bertahta atas ciptaan. Jelas sekali bahwa Allah adalah pencipta segala yang ada. Ia berkuasa atas segala yang ada. Maka Ia adalah perlindungan yang tepat bagi kita karena Ia berkuasa atas segala yang ada. (2) Karena Allah bertahta atas sejarah. Ia juga Allah yang mengendalikan sejarah. Ia yang membangkitkan bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan. Ia juga yang menghapuskan bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan dari sejarah.

Kalimat “Pergilah, pandanglah pekerjaan TUHAN, yang mengadakan pemusnahan di bumi, yang menghentikan peperangan sampai ke ujung bumi, yang mematahkan busur panah, menumpulkan tombak, membakar kereta-kereta perang dengan api!” Merupakan penegasan bahwa kita bisa melihat dengan jelas betapa kemahakuasaan Allah atas alam dan sejarah. Ini menyadarkan kita betapa Besar Allah Pelindung kita.

Author: Gracelia Cristanti