Latest Post

God, We Praise You!

Categories: Hymn Stories

Tuhan, Kami Memuliakan-Mu!

Lirik

Idle, Christopher (lahir 11 September 1938, Bromley, Kent, Inggris)

Musik

Parry, C. Hubert H.

(lahir 27Februari 1848, Bournemouth, Inggris; meninggal 7 Oktober 1918, Rustington, Sussex)

Himne Christopher Idle adalah saduran dari lagu kuno, Te Deum laudamus, yang berasal dari abad kelima dan telah dihargai oleh umat Kristen dari sejak saat itu. Lagu itu menyebutkan hampir semua ajaran utama alkitab dari penciptaan hingga penghakiman terakhir dan memiliki banyak kesamaan dengan Gloria in excelsis Deo yang bersejarah dan pengakuan-pengakuan iman yang terkenal.

Himne ini dapat berfungsi sebagai garis besar dari suatu ibadah, setiap baris atau gagasan menyediakan dasar untuk sebuah ayat, himne lain, atau meditasi singkat: kedaulatan allah; pujian para malaikat; ibadat Gereja; penciptaan; para rasul, nabi, dan martir; Allah Tritunggal; gelar-gelar Yesus; kelahiran, kehidupan, kematian, kebangkitan Yesus, dan kedatangan-Nya dalam penghakiman; dan kebutuhan kita akan bantuan Allah dalam semua kehidupan.

Penulis sendiri telah mengatakan, “di antara unsur-unsur dari himne kuno ini yang saya anggap mutlak adalah ‘kudus, kudus, kudus’ (Trisagion) pada titik krusial dalam bait pertama, pedoman yang mulia bagi para penyembah pada bait kedua, kelahiran anak dara dan surga yang terbuka pada bait ketiga, dan, pada bait penutup, doa penutup yang cocok dengan seruan pembuka.” Idle juga menyarankan dinamika yang bervariasi – dimulai dengan keras, menyanyikan bait 2 dan 3 dengan lebih lembut (terutama bagian “humbled was your virgin mother, hard the lonely path you trod“), dan kembali ke bait terakhir dengan suara penuh.

Nada lagu ini ditulis oleh sarjana dan penggubah musik Inggris yang terkemuka. Nadanya menarik, tetapi agak sulit untuk dikuasai. Nada lagu ini dapat dicadangkan untuk paduan suara.

R. J. S.

Author: Gracelia Cristanti