Latest Post

Kau Allah Benteng yang baka

(O God our help in ages Past)

Penulis lagu: Isaac Watts, 1674-1748

Musik: William Croft, 1678-1727

            Musiknya dibuat oleh William Croft. Dia adalah seorang musisi gereja yang menyelesaikan S3 musiknya di Universitas Oxford. Dia menjadi pemain organ di salah satu gereja di London. Croft juga pernah menjadi pemimpin musik anak-anak di Westmister Abbey. Melodi musiknya ini juga digunakan oleh George Frederich Handel dalam lagu “O Praise the Lord” dan digunakan oleh J. S. Bach dalam karya Fuga-nya, BWV 552. Croft juga membuat musik untuk upacara penguburan dari Ratu Anna (1714) dan waktu upacara pengangkatan Raja George I (1715).

            Sedangkan lirik dari lagu ini ditulis oleh Isaac Watts. Lagu ini terinspirasi dari Mazmur 90 yang ditulis oleh Musa. Lagu ini adalah salah satu lagu terbaik oleh Isaac Watts dan sangat sering dinyanyikan dalam ibadah kristen di Inggris. Isaac Watts dikenal sebagai “Bapak Hymn Inggris”. Dia adalah anak tertua dari 9 bersaudara. Ayahnya aktif dalam pelayanan gereja. Meskipun Isaac mempunyai kesehatan yang kurang baik, dia sangatlah pandai dalam banyak hal. Isaac sejak kecil mempunyai kemampuan khusus dalam sastra dan puisi. Dari umur 5 tahun sampai 13 tahun, dia sudah belajar bahasa Latin, Yunani, Perancis dan Ibrani. Dan dia sudah mulai menulis puisi. Saat berbicara pun dia seperti sedang berpuisi. Isaac menilai hymn yang dinyanyikan di gereja mereka itu kurang bagus. Dia juga mempelajari mengenai psikologi, berkotbah, memperdalam alkitab, menulis buku-buku agama kristen, pandai dalam logika dan lain-lain. Karena itu ayahnya menantang Isaac untuk membuat puisi-puisi lagu kristen supaya dinyanyikan dalam gereja tempat mereka beribadah. Sejak itu, dia terus membuat lagu yang baru dan dinyanyikan setiap minggu. Dia meninggal saat berumur 74 tahun. Sebagai penghargaan, dibuat suatu monumen Isaac Watts di Westminster Abbey, Gereja yang terkenal di Inggris.

            Lagu ini mengingatkan kita kembali bahwa Allah adalah pelindung kita. Ketika kita menghadapi bahaya, masalah dan dalam penderitaan, janganlah takut karena Allah beserta kita. Allah yang sudah memimpin dan melindungi bangsa Israel, Ia juga yang akan memimpin dan melindungi sepanjang umur kita. Ingatlah ini: “Tuhan-lah gunung batu kita”.

 

Kau Allah Benteng yang baka

Categories: Hymn Stories

Author: Gracelia Cristanti