Latest Post

Let All the world

Categories: Hymn Stories

Biarkan  Seluruh Dunia

Lirik: Herbert, George (lahir 3 April 1593, Montgomery, Wales; meninggal 1 Maret 1633, Salisbury Utara, Inggris)

Musik: Liljestrand, Paul F. (lahir 15 Mei 1931, Montclair, NJ)

 “Tuhanku dan Rajaku!” adalah salah satu pernyataan yang terdengar di seluruh penjuru bumi. Himne ini dinyanyikan oleh alam sendiri, bergema melalui pegunungan dan melintasi lembah di seluruh alam semesta yang luas. Dalam kata -kata sang pemazmur, “langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya…. Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar; tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. “(Mazmur 19:2, 4-5a).

Himne abad ke-17 ini mengatakan bahwa karena Allah adalah Raja, maka Gereja harus bergabung dengan seluruh alam dalam memberitakan berita yang menakjubkan ini sampai seluruh dunia mendengar dan mengetahui. Himne ini merupakan tantangan untuk misi, untuk menjangkau, dan pesan kita bersifat personal serta mengubah kehidupan — “namun lebih dari semuanya, hati harus menanggung bagian yang terpanjang.”

Puisi ini ditulis dengan sebuah antifon, yaitu refrein pada awal dan akhir setiap bait. Baik teks maupun musik memungkinkan untuk nyanyian antifonal, dengan satu orang atau kelompok menyuarakan frasa pertama dan terakhir (refrein), dan orang atau kelompok lainnya menyanyikan frasa-frasa sentral.

Author: Gracelia Cristanti