Latest Post

New Songs of Celebration Render

Categories: Hymn Stories

Lagu Perayaan Baru

Lirik: Routley, Erik

(lahir 31 Oktober 1917, Brighton, Inggris; meninggal 8 Oktober 1982, Nashville, TN)

Musik: Borjuis, Louis

(lahir sekitar tahun 1510, Paris, Prancis; meninggal sekitar tahun 1561, Paris)

Himne ini merupakan parafrasa dari Mazmur 98, berima dengan cara yang sama seperti teks-teks Mazmur sebelumnya dari para Reformator Calvinis dan Anglikan pada abad ke-16. Teks ini adalah karya Erik Routley, yang diakui sebagai pakar musik gereja Anglo-Amerika pada abad ke-20.

Dalam himne ini semua orang dinasihati untuk memberikan pemujaan perayaan melalui alat dan suara kepada Allah yang perkasa karena keselamatan-Nya. Kata-kata terakhir bait kedua merupakan pengingat bahwa kehidupan non-manusia “di bumi dan samudra” sedang bergabung dengan paduan suara pujian. Bait ketiga mengatakan bahwa benda-benda mati juga memuji Penciptanya: sungai-sungai, laut-laut, aliran deras yang menderu, gunung-gunung, dan batu-batu “menghormati Tuhan dengan pujian yang dahsyat”. Penutup barisnya cocok untuk perayaan dari semua ciptaan. ” Allah kita adil dan kebenaran-Nya yang menang menegakkan dunia dalam damai.”

Musik ini sebenarnya berasal dari mazmur Prancis pertama (1543) dan merupakan salah satu yang terbaik dari apa yang disebut “nada Jenewa”. Jika ini baru bagi jemaat, sang organis harus memainkannya secara keseluruhan, lalu menggunakan solo stop pada melodi untuk memperkuat nyanyian dan membantu para penyembah mengikuti irama yang tidak lazim itu. Reharmonisasi harus digunakan hanya setelah musik ini dikenal oleh jemaat. Terakhir, pembacaan Mazmur 98 sebelum menyanyikan himne ini akan menunjukkan bahwa, di dalam puisinya, Routley benar-benar mengikuti teks Alkitab.

Author: Gracelia Cristanti