Latest Post

Dengar Malaikat Nyanyi

Categories: Hymn Stories

Lagu ini dalam bahasa inggrisnya berjudul “Angels We Have Heard on High” merupakan suatu lagu carol natal. Yang pastinya bertemakan kelahiran Tuhan Yesus berdasarkan injil Lukas 2:8-20. Lagu ini menggambarkan suatu sukacita sorgawi oleh para malaikat ketika Sang Juruselamat itu hadir di dunia ini melalui seorang dara Maria.

Lirik aslinya berdasarkan suatu teks lagu natal perancis yang kemudian pada tahun 1862 diterjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh James Chadwick. Musik refrainnya sangat dikenal itu dibuat oleh Edward Shippen Barnes. Edward Shippen Barnes (September 14, 1887 in Seabright, New Jersey – February 14, 1958) adalah seorang pemain alat musik organ asal Amerika. Ia lulusan dari Yale University. Ia terlibat dalam pelayanan di gereja Presbyterian. Karena kecintaannya terhadap musik-musik gereja, ia pernah menuliskan suatu buku mengenai musik-musik agama kristen. Melodinya dibuat melismatic artinya menggunakan banyak nada dalam satu kata. Ayatnya adalah kutipan dari nyanyian malaikat:

Lukas 2:14 

“Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Salah satu ekspresi iman kristen dan sukacita sejati mengenai kelahiran Kristus diungkapkan melalui nyanyian. Karena ini pula yang dinyatakan dalam alkitab. Bahwa Kelahiran Kristus disambut oleh nyanyian Para Malaikat. Nyanyian yang begitu indah, yang mungkin belum pernah di dengar oleh dunia. Pasti merupakan suatu kabar yang begitu luar biasa sehingga membuat Para Malaikat menyanyikan pujian di hadapan para gembala. Berita itu adalah kedatangan Sang Juruselamat di dunia ini.

Author: Gracelia Cristanti