Latest Post

Give to Our God Immortal Praise (Berikan Pujian Abadi kepada Tuhan Kita)

Categories: Hymn Stories

Lirik oleh: Watts, Isaac (lahir 17 juli 1674, Southampton, Inggris;

meninggal 25 november 1748, Stoke Newington)

Musik oleh: Hatton, John  (lahir sekitar tahun 1710, Warrington, Lanes, Inggris;

meninggal sekitar tanggal 17 Desember 1793, St. Helens)

Isaac Watts, “Bapa himne Inggris,” juga dikenal karena parafrase metrikal Mazmur-nya. Dari ketiga bagian di Mazmur 136, “berikan pujian abadi kepada Allah kita” dianggap sebagai yang terbaik. Watts mengikuti dengan cermat gagasan dalam ayat 1-9 di bait 1, 2, dan 3.

Allah layak mendapat pujian kita karena Dia penuh belas kasihan, benar, dan murah hati (bait 1). Dia memperlihatkan belas kasihan-Nya bahkan melalui tindakan penciptaan-Nya (bait 2-3). Dialah yang menyebabkan matahari, bulan, dan bintang-bintang bersinar di atas bumi, namun belas kasihan-Nya akan bertahan lebih lama dari benda-benda langit yang besar ini.

Allah yang sama yang menciptakan matahari, bulan, dan bintang-bintang, yang memimpin Israel keluar dari Mesir ke suatu negeri baru (Mazmur 136:10-22), juga mengingat kita dalam perbudakan dosa kita. Melalui Putra-Nya, Allah membebaskan kita dari musuh-musuh kita, kesalahan pribadi kita, dan kegelapan (Mazmur 136:23-24, bait ke-4).

Sekarang, Ia menuntun kita di jalan surgawi, mempersiapkan kita untuk kerajaan-Nya (bait ke-5). Kepada-Nya-lah ucapan syukur dan pujian (Mazmur 136:26).

Ini adalah himne pujian untuk setiap waktu. Sepasang bagian yang berirama di setiap bait menyiratkan pembacaan atau nyanyian antifonal. Pengaturan nada ini, DUKE STREET, tersedia dalam bel tangan dan iringan alat musik kuningan.

Author: Gracelia Cristanti