Latest Post

I Bind unto Myself Today (Aku mengikatkan diriku pada Tuhan hari ini)

Categories: Hymn Stories

Lirik oleh St. Patrick,

(lahir tahun 372, Bannavem Taberniae, Inggris, Meninggal tahun 466)

Keenam bait yang dipilih untuk dibaca ini diambil dari puisi yang lebih panjang yang terdiri dari sembilan bait, yang disusun menjadi dua bagian. Bagian pertama dimulai dengan pernyataan iman yang sederhana kepada Allah Tritunggal dan diikuti oleh enam bait kredo, yang hanya dua yang diberikan di sini — yang pertama berkaitan dengan pribadi Yesus Kristus, dan yang kedua berkaitan dengan pemeliharaan Allah yang diulurkan kepada anak-anak-Nya di bumi. Dari bait-bait yang hilang, dua  berkaitan dengan penyingkapan Allah dalam alam dan sejarah manusia, dan dua bait lainnya adalah doa untuk pembebasan dari “jerat Setan dalam dosa” dan “godaan setan”.

Bagian kedua adalah doa pribadi, yang menyatakan hasrat untuk kehadiran Kristus di segala tempat, setiap saat, dan untuk semua kebutuhan. Bait terakhir dimulai seperti bait pertama, tapi dengan doksologi.

Teks lagu ini digubah oleh St. Patrick. Ia lahir di Inggris dalam keluarga Kristen yang berkewarnegaraan Romawi. Ia ditangkap oleh para penyamun Irlandia pada usia 16 tahun, menjadi budak selama enam tahun, lalu melarikan diri ke Eropa. Percaya bahwa dia dipanggil untuk membawa Irlandia kepada iman Kristen, dia melayani dan belajar di biara-biara di Gaul selama beberapa tahun dan ia kemudian ditahbiskan sebagai uskup misionaris ke Irlandia. Pelayanan penginjilan, pengajaran, dan administrasinya sangat sukses sehingga Irlandia hampir seluruhnya menjadi Kristen menjelang kematiannya. Terjemahan dari himne Patrick ini dibuat oleh istri uskup agung Irlandia lainnya (Anglikan), Cecil Frances (Mrs. William) Alexander, untuk hari St. Patrick’s 1889.

Author: Gracelia Cristanti