Latest Post

Katekismus Heidelberg P45 – Manfaat Kebangkitan Kristus

Categories: Renungan Harian

Renungan harian

11 Oktober 2021

Katekismus Heidelberg

P45 – Manfaat Kebangkitan Kristus

Pert. Apa manfaat kebangkitan Kristus bagi kita?

Jaw. Pertama, oleh kebangkitan-Nya Dia telah mengalahkan maut, supaya Dia dapat memberikan kepada kita kebenaran yang telah diperoleh-Nya dengan kematian- Nya (a). Kedua, oleh kuasa kebangkitan itu kita pun dibangkitkan untuk menempuh kehidupan yang baru (b). Ketiga, bagi kita kebangkitan Kristus menjadi jaminan kebangkitan kita yang membahagiakan (c).

(a) Rom 4:25. (b) Rom 6:4. (c) 1Ko 15:22.

Sebagian penjelasan Zacharias Ursinus:

Kebangkitan Kristus memberi manfaat bagi Kristus dan kita yang percaya:

Dengan kebangkitan-Nya, Kristus dinyatakan sebagai Anak Allah yang tunggal, yang di mana Ia sendiri adalah Allah (Roma 1:4). Ia bangkit karena kuasa-Nya sendiri “Dalam Dia ada hidup” (Yohanes 1:4a) dan “Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri” (Yohanes 5:26).

Manfaat kebangkitan Kristus bagi kita adalah sama dengan manfaat kematian Kristus. Kebangkitan Kristus memberikan kesaksian bahwa Ia telah menjadi korban yang sempurna untuk dosa-dosa kita. Satu saja dosa akan membuat-Nya tidak menang atas kematian.

Manfaat kedua adalah karunia Roh Kudus. Yohanes 7:39b sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Manfaat ketiga adalah kebangkitan tubuh kita yang percaya. Roma 8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Manfaat lainnya adalah Kristus terus menyertai dan menjaga kita. Ini tidak mungkin Ia lakukan jika Ia tidak bangkit.

Author: Tommy Suryadi