Latest Post

O Pujilah Tuhan, Jiwaku!

Categories: Hymn Stories

Lirik

Watt, Isaac

(lahir 17 Juli 1674, Southampton, Inggris; meninggal 25 November 1748, Stoke Newington)

Musik

Walter, William HH.

(lahir 1 Juli 1825, Newark, NJ; meninggal 1893, New York, NY)

Parafrase Isaac Watts dari Mazmur 103 berhubungan dengan tema-tema utama mazmur itu; pemilihan bait ini merujuk langsung ke setidaknya 8 dari 22 ayat.

Mazmur ini adalah favorit klasik, karena jaminan pemeliharaan Allah, cinta yang mencakup semua untuk umat-Nya. Ini dimulai dengan doa untuk memuji (1-2) dan diakhiri dengan doksologi (20-22). Allah menyembuhkan dari dosa untuk pembaruan rohani (3-4) dan menyediakan makanan untuk kekuatan fisik dan emosional (5). Tuhan telah mengungkapkan kasih dan kehendak-Nya sejak zaman dahulu (6-7). Kasih karunia dan kasih sayang-Nya tak terbatas dan tak terukur (8-12), dan Ia mengasihi seperti seorang ayah (13-14). Terlepas dari kelemahan manusia (15-16), Tuhan dapat memastikan bahwa Dia bersama anak-anak-Nya sampai akhir (17-18), karena Dia berdaulat (19).

Doa Kristus bagi murid-murid-Nya (Yohanes 17) tampaknya menggemakan belas kasih yang penuh kasih yang diungkapkan dalam Mazmur ini. Dia meminta Tuhan untuk tidak “mengambil mereka dari dunia tetapi untuk melindungi mereka dari si jahat.” Yesus berjanji kepada para pengikut-Nya bahwa mereka akan diberkati Allah dengan pemeliharaan ilahi untuk pelayanan peziarah mereka di dunia.

Akan lebih baik bagi jemaat untuk membacakan Mazmur ini bersama-sama. Bacaan antifonal akan menarik minat: pendeta/jemaat, pria/wanita, atau paduan suara/jemaat. Pengenalan organ dapat mengikuti, dan nyanyian untuk lagu FESTAL LAGU yang dikenal akan menjadi ekspresi sukacita dari anugerah abadi Tuhan. Melodinya dapat dimainkan pada organ solo untuk bait 4 dan dinyanyikan oleh paduan suara sopran pada bait 6.

R.G.

Author: Sancca Concalves