Latest Post

Sungguh Hidup Penebusku

I Know that my Redeemer Liveth

 

I Know That My Redeemer Liveth adalah sebuah lagu yang menyatakan iman dan keyakinan kepada Penebus kita, Yesus Kristus, yang telah mati dan bangkit dari kematian. Lirik lagu ini ditulis oleh Jessie Brown Pounds, sedangkan musiknya diciptakan oleh James Henry Fillmore. Lagu ini pertama kali dipublikasikan melaui buku Fillmore yang berjudul “The Wonderful Story in Song.” dan lagu ini menjadi salah satu hymn yang paling populer di berbagai gereja.

Jessie B. Pounds lahir di Ohio pada tahun 1861. Sejak kecil, kondisi kesehatan Jessie Pounds sangat buruk. Ia tidak dapat bersekolah seperti anak-anak layaknya, dan hanya dapat menerima pendidikan di rumahnya. Walaupun demikian, ia diberi talenta yang sangat luar biasa. Ketika ia berumur 15 tahun, Jessie Pounds sudah mulai menulis artikel-artikel yang dimuat di surat kabar di Cleveland dan di beberapa publikasi gereja. Tahun 1896 ia menikah dengan Reverend John Pounds, seorang Pastor di Indiana. Ia mulai tergerak untuk menulis lagu hymn ketika seorang editor mengomentari bahwa puisi-puisinya sangatlah baik dan dapat dijadikan lirik lagu. Sejak itu, ia memulai karirnya sebagai seorang penulis lirik lagu hymn. Selama hidupnya, ia menulis banyak lirik. Tulisan-tulisannya menghasilkan sembilan buku dan lebih dari 400 lirik lagu rohani.

James H. Fillmore lahir pada tahun 1849 di Ohio. Pada waktu ia berumur 16 tahun, ia harus kehilangan sosok ayah dalam hidupnya. Fillmore sejak belia sudah mulai membantu keluarganya. Ia menjalankan sekolah musik milik mendiang ayahnya. Kemudian pada tahun 1874, ia dan saudara-saudaranya mendirikan Fillmore Brothers Music House di Cincinnati, Ohio. Fillmore menciptakan banyak lagu, musik, dan melodi hymn. Pada tahun 1936, Fillmore meninggal di kota ia dilahirkan dan dibesarkan, Cincinnati, Ohio.

Lagu ini mengingatkan bahwa anugerah keselamatan yang kita terima bersumber dari Penebus yang telah mati dan juga telah bangkit dari dunia orang mati. Suatu saat semua manusia akan meninggal, namun kita diyakinkan melalui lagu ini bahwa semua orang yang percaya tidak akan binasa. Apa pun yang terjadi di dalam dunia ini, kita diberi keyakinan bahwa suatu saat kita akan bersatu dengan Sang Penebus, sebab “Sungguh Hidup Penebusku.”

Sungguh Hidup Penebusku

Categories: Hymn Stories

I Know that my Redeemer Liveth

Author: Gracelia Cristanti