Latest Post

Renungan Harian

7 Desember 2020

Katekismus Heidelberg P1

 

Pert. Apakah satu-satunya penghiburan Saudara, baik pada masa hidup maupun pada waktu mati?

Jaw. Bahwa aku, dengan tubuh dan jiwaku, baik pada masa hidup maupun pada waktu mati (a), bukan milikku (b), melainkan milik Yesus Kristus, Juruselamatku yang setia (c). Dengan darah-Nya yang tak ternilai harganya Dia telah melunasi seluruh utang dosaku (d) dan melepaskan aku dari segala kuasa iblis (e). Dia juga memelihara aku (f), sehingga tidak sehelai rambut pun jatuh dari kepalaku di luar kehendak Bapa yang ada di sorga (g), bahkan segala sesuatu harus berguna untuk keselamatanku (h). Karena itu juga, oleh Roh-Nya yang Kudus, Dia memberiku kepastian mengenai hidup yang kekal (i), dan menjadikan aku sungguh-sungguh rela dan siap untuk selanjutnya mengabdi kepada-Nya (j).

(a) Rom 14:7-8. (b) 1Ko 6:19. (c) 1Ko 3:23. (d) 1Pe 1:18- 19. (e) 1Yo 3:8b. (f) Yoh 6:39. (g) Mat 10:30. (h) Rom 8:28. (i) 2Ko 1:22. (j) Rom 8:14.

 

Katekismus ini dibuka dengan pertanyaan tentang penghiburan. Penghiburan dibutuhkan oleh semua manusia. Penulis katekismus tidak menulis “salah satu” tetapi ‘satu-satunya’  penghiburan. Penghiburan ini adalah bersifat pokok. Makanan bisa menjadi penghiburan bagi kita, namun makanan bukanlah penghiburan pokok. Hobi bisa menyenangkan kita, namun itu tetap bukan penghiburan pokok.

Penghiburan terbesar kita, menurut penulis katekismus ini, adalah fakta bahwa seluruh hidup kita (baik saat ini maupun setelah kematian) sudah menjadi milik Kristus, bukan diri kita sendiri. Penghiburan terbesar kita bukanlah saat kita menjadi tuan atas hidup kita sendiri. Menjadi budak kekal Kristus adalah penghiburan yang terbesar.

Kita menjadi milik Kristus, Sang Raja yang baik. Ia menjadikan kita milik-Nya bukan dengan pemaksaan atau tangan besi tetapi melalui pengorbanan-Nya. Ketika Yesus menjadikan kita milik-Nya, kita memiliki segalanya. Kita menjadi kaya dan berkelimpahan karena-Nya. Namun kalau kita tidak menjadi milik Kristus, sesungguhnya kita akan kehilangan segalanya. Tidak mengherankan jika menjadi milik Kristus adalah penghiburan terbesar kita.