Latest Post

Renungan Harian 30 November 2020

Bukan Siapa Diriku, tetapi Siapa Tuhan (Keluaran 3:11-12)

Keluaran 3:11-12 – Tetapi Musa berkata kepada Allah: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?” Lalu firman-Nya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau?

 

Musa adalah seorang Israel yang dibesarkan dalam lingkungan kerajaan Mesir. Namun setelah pembunuhan yang dilakukannya itu diketahui oleh Firaun, ia melarikan diri ke padang gurun dan menjadi gembala selama 40 tahun. Ketika waktunya sudah genap, Allah memanggilnya untuk menjadi pemimpin bangsa Israel yang harus menyatakan perintah Tuhan kepada Firaun.

Namun Musa bertanya kepada Tuhan “Siapakah aku ini..?” Musa memang bukan siapa-siapa. Dahulu memang dia adalah pangeran di kerajaan Mesir, namun saat itu ia tidak memiliki jabatan apapun. Firaun terlihat begitu tinggi dan Musa terlihat begitu rendah. Tidak mengherankan jika Musa bertanya “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun..?”

Akan tetapi fokus Musa itu salah. Ia berfokus pada dirinya sendiri. Ia berpikir bahwa kesuksesan menjalankan perintah Tuhan bergantung kepada siapa dirinya. Tuhan seketika mengubah fokus Musa. Tuhan mau Musa berfokus kepada Tuhan. Ia bertanya “Bukankah Aku akan menyertai engkau?” Musa bisa melaksanakan misi dari Tuhan dengan berhasil bukan karena siapa dirinya tetapi karena Tuhan yang beserta dengannya.

Anak-anak Tuhan seharusnya memandang kepada Tuhan dan bukan kepada diri sendiri. Hidup orang Kristen berpusat pada Kristus, bukan manusia. Setiap kali kita menghadapi suatu pergumulan atau pelayanan yang berat, seharusnya kita tidak bertanya “siapakah aku ini?” tetapi berdoa “Tuhan, sertailah aku”.